Minggu, 27 November 2011

Kisah Hidup Hellen Adam Keller


Sang Motivator
Hellen Adam Keller adalah seorang perempuan yang kuat dan seorang tokoh pembela orang cacat. Ia dilahirkan  di Tuscumbia, Alabama, Amerika Serikat pada tanggal 27 juni 1880 dalam keadaan normal dan sehat. Dari garis keturunan ayahnya, Hellen Keller adalah keturunan dari Alexander Spottswod seorang gubenur kolonial dari Virginia.
            Hellen Keller  mengalami cobaan yang cukup berat menimpa hidupnya , pada usia 19 bulan ia terkena penyakit yang mengakibatkan dirinya menjadi buta dan tuli. Ia diduga mengidap demam obat yang sekarang dikenal dengan nama demam scarlet. Penyakitnya menyebabkan Hellen Keller menjadi seorang anak yang liar dan sulit untuk diajar karena ia tidak mengenal jelas isi dunia dan sekitarnya. Namun kehidupan Hellen Keller berubah pada Maret 1887 saat ia masih berusia kurang lebih  7 tahun, hari tersebut adalah hari yang luar biasa dan merupakan hari yang terpenting baginya, ia kedatangan seorang sosok guru pembimbing yang baik. Guru tersebut adalah Anne Mansfield Sulivan dari Tuscumbia. Ia mengajari Hellen Keller dengan metode bahasa isyarat dan huruf braile. Pertama kali ia mengenalkan objek D-O-L-L (Boneka) kepada Hellen Keller, dengan mengejakan kata D-O-L-L (Boneka) melalui tanggannya, ia berharap agar Hellen Keller mengerti hubungan antara objek dengan huruf. Dan ternyata hasilnya sangat memuaskan, Hellen Keller dapat menangkap dengan cepat metode yang diajarkan olehnya. Kemudian Anne melanjutkan metodenya dengan mengenalkan objek W-A-T-E-R (Air) dan L-A-N-D (Tanah). Ternyata metode Anne yang kedua membuahkan hasil baik, Hellen Keller berhasil menangkap dengan cepat sinyal yang diberikan olehnya.
            Pada usia 20 tahun ia melanjutkan pendidikannya, kuliah di Radcliffe, merupakan salah satu cabang universitas Harvard khusus wanita. Dan dalam selang waktu 4 tahun ia lulus dengan predikat cumlaude. Saat kuliah Hellen Keller sangat rajin menulis kemudian ia meneruskan karier menulisnya sampai usia 50 tahun. Pada tahun 1903, ia menuliskan kisah hidupnya yang dituangkan dalam bentuk karya tulisan berjudul Story of My Life merupakan cerita sambungan di Ladies Home journal  dan kemudian ia terbit dalam bentuk buku. Karya tulisan tersebut merupakan karya yang paling populer. Bahkan karya tersebut telah diterjemahkan ke dalam 50 bahasa yaitu marathi, vedgu, tagalog dll. Karya tulisan Hellen Keller tersebut terbit dalam berbagai judul yaitu : optimis, teacher, Hellen Keller journal dll.
            Kisah hidup Hellen Keller telah menginspirasi dan memotivasi bagi dunia. Hellen Keller membuktikan kepada dunia  dengan segala kekurangan fisiknya ia dapat meraih lebih banyak prestasi dibanding dengan orang yang normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar