Sabtu, 17 Desember 2011

Definisi Asma


Asma



 

Asma merupakan gejala yang ditimbulkan oleh kelainan saluran pernafasan berupa kepekaan yang meningkat terhadap ransangan  dari lingkungan yang menjadi penyebabnya.
Penyebab dari gejala ini berupa :
1.      Kelelahan jasmani.
2.      Perubahan lingkungan yang tidak stabil (berupa cuaca, kelembapan dan cuaca).
3.      Kelelahan Pikiran (Pemicunya adalah gangguan emosi).
4.      Infeksi pada saluran pernafasan terutama pada penyakit Influenza.
5.      Reaksi alergi pada makanan yang dimakan dan  bau yang terhirup.
Pada tingkat gejala awal kepekaan saluran pernafasan ini ditandai dengan gejala yang ringan (berupa batuk dan bersin yang kerap kali kambuh) sampai dengan gejala yang berat berupa asma atau kesulitan saat bernafas. Keadaan yang terjadi sebenarnya ditandai dengan adanya latar belakang rekasi pada alergi.



Timbulnya gejala kepekaan tersebut dapat terjadi oleh penderita mulai dari anak-anak sampai dengan dewasa. Menurut prosentasi, sekitar 50% gejala ini akan sembuh dan pulih dengan sendirinya, walaupun pada suatu ketika gejala ini akan muncul lagi pada tingkat akut yang sering dinamakan dengan asma. Sedangkan sekitar 55-6% lagi gejala ini diturunkan ke anak atau cucu dan sisanya disebabkan karena adanya polusi lingkungan hidup.
Penyabab kelainan Asma pada bahan-bahan  yang menjadi pemicunya misalnya :
1.      Debu yang ada pada lingkungan sekitar.
2.       Bahan makanan pada jenis makanan tertentu yaitu ikan laut, susu sapi, dan coklat.
3.      Lingkungan hidup berasal berasal dari bahan pertanian misalnya dari tepung sari dan jerami.
Untuk menangani gejala tersebut sebaiknya penderita Asma baik usia dewasa maupun anak-anak rajin berolahraga seperti jalan kaki, renang dan lari-lari kecil dimulai setahap dan aktivitas lainnya yang dapat memicu kerja tubuh menjadi optimal menjadi optimal.


1 komentar: