Sabtu, 17 Desember 2011

Sebuah Pembelajaran Empati Sosial


Kunjugan Ke Liponsos

 

Kamis tanggal 8 Desember 2011 kemarin, para Mahasiswa Sistem Informasi melakukan kunjungan ke Liponsos. Kegiatan ini merupakan bagian dari pembalajaran Mata Kuliah Interpersonal. Kegiatan ini memiliki tujuan agar Para Mahasiswa Sistem Informasi memiliki rasa empati sosial yang tinggi terhadap lingkungan sekitar.
Acara pertama dalam kegiatan ini dibuka oleh sambutan Bapak Cholil selaku dosen Mata Kuliah Ketrampilan Interpersonal di ruang Aula Liponsos. Ruangan tersebut terlihat penuh sesak, walaupun penuh  sesak tetapi ruangan tetap diwarnai oleh senyuman dan tawa ceria oleh para Mahasiswa dan penghuni Liponsos yang mencoba untuk membaur dalam kegiatan tersebut. Setalah sambutan dari bapak cholil, acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian tugas kepada masing-masing kelompok mata kuliah interpersonal. Tugas itu berupa pembelajaran mengenai cara berempati kepada orang lain. 




Pada awalnya tugas ini diberikan kepada kelompok besar mata Kuliah Interpersonal untuk membaur bersama penghuni Liponsos. Mereka  kemudian membuat semacam permainan lempar bola dengan tujuan untuk memudahkan  mereka berkanalan dengan para Penghuni Liponsos. Permainan tersebut sangat menyenangkan karena dapat mengakrabkan antara para mahasiswa Sistem Informasi dengan penghuni Lipinsos. Setelah permainan tersebut berakhir para Mahasiswa Sistem Informasi diberikan tugas pembelajaran yang kedua yaitu dengan membentuk kelompok kecil. Pembentukan kelompok kecil itu bertujuan untuk memudahkan para mahasiswa Sistem Informasi berkenalan dengan para penghuni Liponsos. Mereka saling berinteraksi dan berkenalan dengan penghuni Liponsos secara mendalam.
Setelah tugas pembelajaran selesai acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan terakhir oleh bapak Cholil sebagai tanda acara kunjungan ke Liponsos telah selesai. Untuk perpisahan terakhir dari acara ini para mahasiswa Sistem Informasi memberikan buah tangan kepada penghuni Liponsos yang diwakili oleh Bara.


1 komentar: