Sabtu, 17 Desember 2011

Kesehatan Pada Wajah


Makanan Penangkal Jerawat


 

Jerawat terjadi akibat kelebihan produksi kelenjar minyak sehingga dapat menyebabkan penyumbatan. Apabila sumbatan itu membesar dan terjadi interaksi dengan bakteri maka akan menjadi pemicu timbulnya jerawat.
            Jerawat sebenarnya dapat dicegah, salah satunya dengan upaya seseorang untuk rajin  mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Menurut Dr. Elliot Weiss, M.D, seorang dokter kulit berasal dari Laser & Skin Surgery Center Of New York, sebaiknya hindari beberapa jenis makanan apabila tidak mau berjerawat.
            Menurut penjelasan dari Dr. Elliot Weiss, M.D, makanan yang dapat menangkal jerawat ada 5 yaitu :
1.      Sayuran
Sayuran yang didalamnya mengandung banyak air seperti mentimun, sangat baik untuk mencegah jerawat. Air yang dikandung mentimun sangat bermanfaat pada pori-pori maupun berfungsi sebagai detoks. Selain hal itu, mentimun dapat menimbulkan efek berupa sensasi dingin yang efektif dalam menenangkan peradangan yang berhubungan dengan jerawat.
2.      Yogurt
Apabila seseorang berlebihan mengkonsumsi yogurt maka akan dapat merangsang timbulnya jerawat, tetapi hal tersebut tidak begitu dengan yogurt. Yogurt mampu dalam menangkal timbulnya bakteri jahat yang dapat memunculkan dalam tubuh seseorang.
3.      Dark Chocolate.
Makanan yang sangat manis tidak baik bagi tubuh seseorang, maka sebaiknya gantilah konsumsi makanan manis tersebut dengan dark chocolate. Dan alangkah lebih baik lagi apabila mengkonsumsi dark chocolate dicampur dengan kismis, almon atau buah-buahan kering yang lainnya.
4.      Tiram
Tiram sangat berkhasiat dalam menangkal timbulnya jerawat. Tiram sendiri mengandung Zink yang cukup tinggi, yang berfungsi untuk melepaskan hormon testoterone pemicu timbulnya jerawat.
5.      Air Putih.
Konsumsi Air putih secara teratur sangat bagus untuk tubuh seseorang. Selain itu Air juga bermanfaat dalam menghindarkan tubuh seseorang dari dehidrasi atau kekeringan. Fungsi lain dari air adalah menjauhkan kulit dari kekeringan, yang memiliki fungsi utama sebagai detoks sekaligus mencegah timbulnya jerawat.

3 komentar: