Sabtu, 17 Desember 2011

Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Mulut


Bau Mulut
 
 Bau mulut adalah masalah yang sensitif pada diri seseorang. Pengaruh bau mulut dapat mengganggu penampilan seseorang secara tidak langsung misalnya saat seseorang sedang melakukan melakukan pertemuan dalam suatu acara, orang tersebut secara tidak sadar telah merusak penampilannya saat ia sedang melakukan pembicaraan terhadap lawan bicaranya, orang yang menjadi lawan bicaranya pun terganggu dengan bau mulut yang menyengat itu. Bau mulut dalam istilah medis  disebut Halitosis, pengaruh bau mulut disebabkan oleh penumpukan bakteri yang menumpuk tumbuh subur  di daerah oksigen rendah, seperti dibagian belakang lidah. Penumpukan tersebut biasanya bersumber dari kopi, sisa makanan, rokok, karang gigi, dan bawang. Hal tersebut akan menyebabkan keseimbangan gangguan  asam mulut, sehingga dapat menciptakan aroma yang depat memicu bau gas belerang.
Untuk itu terdapat cara-cara yang efektif untuk menjaga agar kesehatan mulut dan gigi tetap segar dan tidak berbau. Menurut Times of India menerangkan beberapa cara yang ampuh untuk mengatasi bau mulut tersebut yaitu
1.      Menjaga Kebersihan Gigi.
Cara menjaga kebesihan gigi adalah dengan menggosok gigi sedikitnya dua kali sehari, terutama ketika 30 menit sebelum setelah makan dan tidur. Dan jangan lupa mengganti sikat gigi minimal 3-4 bulan sekali.
2.      Minum yang Cukup.
Dengan mengkonsumsi air yang cukup dapat menjaga kebersihan mulut sebagai cara menghilangkan bau mulut. Minum sebanyak delapan gelas perhari tidak hanya berfungsi untuk menghindari dehidrasi yang terjadi di mulut saja, tetapi hal tersebut juaga merupakan cara untuk mengurangi bau yang ada pada mulut.
3.      Mengatur Asupan Makanan.
Diet dengan mengurangi daging serta asupan-asupan yang berlemak merupakan gaya hidup sederhana yang dapat mengurangi bau mulut secara efektif.
4.      Konsultasi ke dokter.
Apabila semua cara tersebut telah dilakukan mulai menggosok gigi dengan teratur, minum yang cukup dan mengatur asupan makanan tidak bisa menghilangkan bau mulut maka cara yang terakhir adalah konsultasikan masalah ini ke dokter gigi.


1 komentar: